Atra (LHOKSEUMAWE) : Netralitas TNI dalam politik kembali akan diuji oleh masyarakat khususnya masyarakat Aceh, karena tidak lama lagi masyarakat Aceh kembali akan terlibat langsung dalam proses pemilihan  gubernur, bupati dan walikota pada Pilkada Aceh 2017.

Namun, untuk hal ini menurut Pangdam Iskandar Muda, Mayjen TNI Luczisman Rudy Polandi, Ia menjamin anggota TNI khususnya prajurit TNI Angkatan Darat akan bersikap Netral.

Instruksi ini terungkap dalam pengarahan beliau dihadapan ratusan prajurit TNI AD dan PNS  di jajaran Korem 011/Lilawangsa, di Gedung KNPI Aceh Utara, Selasa (19/07).

“Prajurit TNI sangat dilarang keras terlibat dalam kegiatan politik praktis, apalagi sebentar lagi Propinsi Aceh akan melakukan Pemilihan Kepada Daerah pada tahun 2017. Siapapun calon kepala daerah yang akan bertarung, prajurit harus berkata tidak ketika diajak berpartisipasi dalam bentuk apapun,”tegas Pangdam

Sambungnya, TNI hanya melihat dan bertugas membantu pihak Kepolisian dalam bentuk pengamanan disetiap proses tahapan Pilkada Aceh 2017, ini juga berlaku kepada ibu-ibu Persit, harus menunjukkan netralitas dalam semua proses Pilkada mendatang.

” Dandim harus berani menolak ketika ada kandidat yang mengajak kampanye bahkan Dandim juga tidak boleh terlihat berada di latar belakang arena kampanye kandidat ” ujar Mayjen TNI L. Rudy Polandi.

Ketika disinggung situasi Aceh jelang Pilkada Aceh 2017, Pangdam IM mengatakan sampai saat ini situsasi Aceh tidak ada yang mengkhawatirkan, cukup baik dan kondusif.Semua Bakal Calon kepala daerah yang akan bertarung sudah mengerti bahwa masyarakat menginginkan proses Pilkada Aceh 2017 ini bisa berlangsung aman, damai, tentram dan jangan sampai menimbulkan konflik.

Dalam kesempatan yang sama Mayjen TNI L. Rudy Polandi juga melakukan pemeriksaan kendaraan dinas Babinsa Koramil sejajaran Kodim 0103/Aceh Utara dengan tujuan untuk memaksimal kinerja Babinsa dalam menjalankan tugas mereka sehari-hari dan kesiapan mereka jelang  dan saat  Pilkada Aceh 2017 serta setelah pesta demokrasi tersebut selesai.(jamal)

Komentar

Comments are closed.