acehsumatra.co.id (Singkil) Untuk meyakinkan masyarakat tidak perlu memfitnah, menghujat karna Pilkada bukan harga mati.

Pilkada adalah sarana demokrasi yang disediakan konsitusi kita untuk memilih pimpinan, jangan karna Pilkada pecah persaudaraan dan Pilkada bukan segala-galanya, Pilkada adalah hak masyarakat utuk menentukan pilihanya 5 tahun kedepan.

Ikrar Pilkada Damai dalam rangka merawat perdamaian Aceh dan norma perdamaian untuk berdemokrasi di Aceh Singkil diharapkan tidak hanya sekedar seremonial saja.Namun harus dibuktikan oleh semua pihak dengan pelaksanaannya agar masing-masing saling menjaga menghindari dari tindakan kekerasan dan hal-hal yang dapat memecah belah persaudaraan.Demikian pernyataan Plt Bupati H Asmauddin saat menyampaikan ikrar deklarasi damai di Lapangan Alun-Alun Desa Pulo Sarok Kec. Singkil, Rabu (18/1).Pengucapan Ikrar Pilkada Damai yang diikuti oleh seluruh empat pasangan calon (Paslon) Calon Bupati, Wakil Bupati Aceh Singkil 2017-2022 secara serentak, ditandai dengan penyerahan Maskot Sitambo oleh Komisioner KIP Aceh Tenggara kepada KIP Aceh Singkil, turut dihadiri Unsur Forkompimda serta Timses pemenangan masing-masing pasangan calon.

Lanjut Asmauddin, deklarasi damai ini merupakan momentum semangat persaudaraan untuk kebersamaan, dan menjadikan ajang kampanye politik sebagai kompetisi untuk mencari simpatik masyarakat secara damai dan bermartabat, “Mari bangun kedewasaan berpolitik dengan berdemokrasi yang bermartabat,” sebut Asmauddin.
Dalam kesempatan itu, Asmauddin meminta kepada seluruh penyelenggara agar melaksanakan tugasnya sesuai dengan peraturan perundangan yang ada, serta harus adil dan memperlakukan semua pasangan dengan baik tanpa ada perbedaan.

Hal senada juga disampaikan Dandim 0109 Aceh Singkil Letkol Kav Kapten Hertantyawan melalui Pasi Intel Lettu Bambang Supriadi. Dandim mengajak seluruh elemen agar menciptakan kampanye politik yang santun dan jangan sampai menimbulkan konflik di lapangan. Seluruh elemen harus menciptakan Pilkada aman damai, dan silahkan salurkan hak suara anda.”Meski punya perbedaan pendapat namun kita tetap satu saudara, jangan perbedaan yang hanya sementara menjadi suatu permasalahan kedepannya,” kata Kapolres Aceh Singkil AKBP Ian Rizkian Milyardin melalaui Wakapolres Kompol Mughi Prasetyo.

Kegiatan diakhiri dengan pawai sekaligus arak keliling Sitambo. Setelah dari Aceh Tenggara, Sitambo akan dikirim menuju Subulussalam dan selanjutnya akan pawai keliling Aceh, kemudian berakhir ke titik kilometer nol Pemko Sabang.
“Tujuan agar mendapat rekor muri, Sitambo sudah road show keliling Aceh sampai 23 Kab kota,” Kata Yarwin Adi Dharma Ketua KIP Aceh Singkil. (R.tan)
Foto: Empat paslon Bupati Wakil Bupati Aceh Singkil berpegangan tangan, usai seruan ikrar Pilkada Damai, yang ditandai dengan penandatanganan naskah deklarasi damai bersama oleh seluruh paslon dan timses pemenangan Yang dipimpin Plt Bupati Asmauddin.(Rostani)

Komentar