acehsumatra.co.id -JAKARTA- Perayaan Paskah Bersama, baik di tingkat pusat dan wilayah, dilaksanakan sesuai tata ibadah dari gereja setempat. Walau terpisah darat dan laut, penampilan para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dapat disaksikan melalui aplikasi zoom yang terhubung secara relay mulai pukul 07.30 WlB, 08.30 WITA, dan 09.30 WIT.

Adapun Perayaan Paskah Bersama pegawai dan WBP dipusatkan di Lapas Cipinang dengan tema “Kebangkitan Yesus Membebaskan Kita dari Kuasa Kematian (Roma 6: 10)” dan sub tema “Semangat Kebangkitan Kristus Mewujudnyatakan Kinerja PASTI Bersih Melayani.”

Persembahan pujian/penampilan WBP darl sejumlah Iapas mengiringi Perayaan Paskah Bersama pegawai dan WBP serentak di seluruh Lapas, Rutan, Cabrutan, dan LPKA se Indonesia, Minggu (23/4). Selama masing-masing enam menit, WBP yang tampil berasal dari Lapas Cipinang, Lapas Nabire, LPKA Medan, Lapas Perempuan Manado, Lapas Kupang, serta pegawai dari Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Maluku.

“Perayaan Paskah tahun ini bertepatan dengan rangkaian Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-53. Kiranya mampu membangun mental untuk memperkuat dan meningkatkan semangat kerja maupun kinerja seluruh jajaran Pemasyarakatan, mempererat tali silahturahmi, serta meningkatkan keimanan, semangat, dan motivasi antar WBP Kristiani,” tutur Menteri Hukum dan HAM, Yasonna. H. Laoly, saat menyampaikan pesan Paskah dari Kanwil Kemenkumham Sulawesi Utara via aplikasi zoom.

“Jajaran Pemasyarakatan diharapkan selalu membangun integritas, yakni memiliki kewibawaan dan kejujuran dalam melaksanakan tugas yang bersih melayani dari praktik pungutan liar serta peredaran narkotika yang dikendalikan narapidana dan oknum petugas,“ pesan Yasonna.

la menyadari dalam situasi over kapasitas WBP yang saat ini mencapai angka 215.812 per 7 April 2017, adalah tugas berat untuk selalu menghadirkan Pemasyarakatan yang bersih melayani. “Saya berharap selalu ada doa, semangat, sukacita, dan harapan yang kuat dalam setiap jiwa Pemasyarakatan untuk selalu menghadirkan Pemasyarakatan yang lebih baik,” harap Yasonna.

Hal senada disampaikan Direktur Jenderal Pemasyarakatan, l Wayan K. Dusak. “Perayaan Paskah Bersama diselenggarakan untuk meningkatkan semangat, memberikan motivasi, dan terus membangun integritas guna meningkatkan keimanan dalam semangat kebersamaan yang dilandasi dengan semangat kebangkitan Tuhan,” ujar Dusak.(sar)

Komentar