JAKARTA, (ACEHSUMATRA.CO.ID) Pelaksanaan Festival Kepulauan Rempah akan digelar dari tanggal 4-6 Mei 2017 di Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat, sebagai bentuk refleksi kejayaan rempah masa lalu dan masa kini serta khasanah budaya.

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Dadang Rizki Ratman mengungkapkan kami sudah MOU dengan dua walikota dan satu bupati untuk mengembangkan destinasi di segi tiga emas tiga daerah, kita terus mengingatkan bahwa untuk pengembangan destinasi ini perlu memerlukan waktu proses yang jangka panjang , diawali dengan perencanaan-perencanaan terpadu.

“Kementrian Pariwisata sadar betul wilayah timur Indonesia  potensinya sangat luar biasa baik alamnya diatas permukaan maupun di dalam laut wisma bahari menjadi catatan kita bersama potensi yang luar biasa tersebut mudah-mudahan kita bisa merealisasikan produk wisata yang banyak di kunjungi oleh wisatawan mancanegara ungkap Dadang saat konferensi press Launching Festival Rempah 2017, Jakarta (28/04).

“Kami yakin dengan kesungguhannya, pariwisata segi tiga emas cepat majunya dibandingkan dengan kabupaten-kabupaten diwilayah lain” lanjutnya.

“Gagasan pertama adalah kami akan mengangkat kembali sejarah berbasis pariwisata karena kami sudah kerja sama segitiga emas  yaitu halmahera barat, kota ternate, kota tidore, kota baja, yang dahulunya pernah berjaya dengan rempah-rempah,  terkenal dari Portugis, Spanyol, Belanda, Arab dan bangsa-bangsa lain, dan kami mengangkat kembali agar semua orang melihat, semua orang mendengar dan semua orang mengetahui sejarah kami ada, untuk itu kita buat dalam satu festival  perjalanan rempah-rempah, inilah yang kami angkat berbasis pariwisata. Kami juga mempunyai bahari yang cukup bagus, memiliki 40% laut, ini juga salah satu kekayaan yang kita angkat. Wisata bahari juga sudah tergabung dalam festival rempah-rempah, dan kita juga punya adat istiadat yang kental disana” ujar Bupati Halmahera Barat Danny Missy.(sar)

Komentar