JAKARTA (ACEHSUMATRA.co.id) Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Clurit-641 salah satu kapal perang dibawah jajaran Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) yang sedang melaksanakan patroli rutin di perairan Selat Malaka melaksanakan Search and Rescue (SAR) terhadap sebuah kapal nelayan yang terbakar dan tenggelam, berhasil menyelamatkan 15 orang ABKnya di perairan laut Sabang, Aceh, baru-baru ini. Kapal bernama Kapal Motor (KM) Laskar Mina Bahari tersebut dinakhodai Abdul Hamid,  warga Pidie Jaya, Aceh.

Menurut Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Sabang Kolonel Laut (P) Kicky Salvachdie, S.E., keberhasilan SAR yang telah dilaksanakan KRI Clurit ini tidak terlepas dari kerjasama yang baik antara masyarakat nelayan Aceh dan Lanal Sabang yaitu dengan  memberikan informasi yang cepat kepada aparat keamanan laut dalam hal ini Lanal Sabang. Setelah menerima laporan kecelakaan laut itu, Lanal Sabang segera melaksanakan plot posisi dan diketahui lokasi kejadian pada posisi  07 42 825 LU – 095 36 285 BT, 120 mil dari Sabang. Selanjutnya Danlanal Sabang melaksanakan koordinasi dengan KRI Clurit – 641 dengan Komandan Mayor Laut (P) Waluyo  yang sedang melaksanakan pengamanan perairan Selat Malaka.

Selanjutnya seluruh ABK diamankan di Lanal Sabang, sementara kronologis penyebab kejadian kebakaran tersebut sehingga menimbulkan kecelakaan laut masih dalam proses penyelidikan petugas.(sar)

Komentar