JAKARTA (acehsumatra.co.id) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) merupakan provinsi termuda di Indonesia yang beribukota Tanjung Selor,  hasil pemekaran dari provinsi Kalimantan Timur tepatnya 25 Oktober 2012. Provinsi Kaltara berbatasan langsung dengan negara tetangga yakni dengan Malaysia tepatnya wilayah Serawak dan Sabah.

Ahmad Haerani, Kepala Dinas Pariwisata Kalimantan Utara menjelaskan kita daerah perbatasan dengan negara Malaysia, kita ada sektor kehutanan memiliki luas lebih dari 75.000 hektar. Taman Nasional Kayan Mentarang salah satu destinasi wisata, dan masih banyak destinasi lainnya yang belum terekspos seperti ada Goa, Arung jeram.

“Manfaatnya mengikuti ajang ini untuk memperkenalkan, mempromosikan bahwa Kalimantan Utara mempunyai destinasi yang menarik untuk bisa dikunjungi, untuk itu bapak Gubernur serius untuk menaikan pariwisata sehingga pada bulan januari 2017 sudah diputuskan dan dilantik Dinas  Pariwisata baru 3 bulan” ujar Ahmad Haerani, saat di temui awak media acehsumatra.co.id , bertempat di JCC, Jakarta, Sabtu (13/05/2017).

Dinas Pariwisata Kalimantan Utara  baru efektif berjalan selama 3 bulan, itulah salah satu dukungan pemerintah Provinsi Kaltara adalah dibentuknya Dinas Pariwisata yang berdiri sendiri, tidak bergabung  dengan dinas kebudayaan, olahraga seperti yang lain, Hal ini menjadi konsentrasi dengan membawahi satu bidang yaitu Dinas Pariwisata.

“Kita sudah menyusun RIPPDA rencananya akan memulai pembentukan Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah, setelah RIPPDA selesai disitulah kita akan bergerak destinasi-destinasi mana yang menjadi prioritas dan kebudayaan-kebudayaan apa yang akan kita promosikan” ungkap Ahmad Haerani.

“Dengan adanya RIPPDA kedepannya akan ada konsentrasi kearah mana kita membangun pariwisata Kalimantan Utara” ujar Ahmad Haerani.(sar)

Komentar