JAKARTA (acehsumatra.co.id) Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung, Ir Hermanto mengatakan pembangunan homestay mempunyai nilai strategis, yang perlu ditindaklanjuti bukan hanya sebatas di Rakor ini.Dan diperlukan sinergi antara beberapa kementerian.
Hal itu dikatakan Hermanto disela-sela acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pariwisata II/2017 yang digelar di Birawa Assembly Hall Hotel Bidakara Jakarta Selatan, Kamis (18/5) hingga Jumat
Homestay Desa Wisata bakal menjadi portofolio industri baru dalam pengembangan amenitas pariwisata. Indonesia akan menjadi negara dengan homestay terbesar, berbanyak, dan terbaik dunia.
Menurut Hermanto, Konsep pengembangan wisata pedesaan dan perkotaan mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 50 Tahun 2011. Di situ disebutkan tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Nasional Tahun 2010 – 2025 sebagai daya tarik wisata budaya antara lain wisata perkotaan dan pedesaan, selain itu wisata sejarah dan religi serta kuliner, seni dan tradisi.
“Sinergisitas sangat dibutuhkan dalam pembangunan homestay yakni peran dana csr dari swasta, BUMN dan lainnya,”imbuh Hemanto.

Komentar