JAKARTA (acehsumatra.co.id) Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Jenderal (Purn) DR Moeldoko menyatakan negara harus selalu mewaspadai krisis pangan.

“Food Security harus menjadi kewaspadaan negara dalam mengatasi krisis pangan yang sewaktu-waktu bisa saja terjadi seperti kemarau panjang,”kata Moeldoko usai tasukuran dan buka puasa bersama seluruh keluarga besar DPN HKTI, di kantor DPN HKTI Jakarta, Rabu (14/6)
Menurutnya, ketahanan pangan bukan saja tugas pemerintah semata, tapi harus dibangun dari mulai tiap-tiap keluarga, misalnya dengan memamfaatkan lahan termasuk menanam dalam pot.
Terkait insentif petani sebut Moeldoko, harus terlebih dahulu melakukan pendampingan kemudian baru didistribusikan apa yang dibutuhkan petani,”kita terus upayakan komunikasi dengan Dirjen terkait soal ini,”tegasnya.
HKTI selalu ingin sepakat menjadi patner dengan pemerintah untuk menentukan strategi positif kedepan dalam program kedaulatan pangan,”tidak saja dilihat dari beras saja, tapi juga jagung, bawang merah, dan lain lain,”ujar Moeldoko (red)
Komentar