Acehsumatra.co.id, Jakarta- Setelah mengadakan acara halalbihalal Kementerian Perdagangan (Kemendag)  melanjutkan pertemuan dengan Kementerian Pertanian, Persatuan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia (PERPADI), Koperasi Beras, Satuan Tugas Pangan, Komisi Pengawas Persaingan Usaha dan BULOG bertempat di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat (04/07/2017).

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengungkapkan pertemuan diadakan untuk mengajak PERPADI dengan para pengusaha-pengusaha beras agar menata lebih baik lagi untuk kedepan,  serta agar seluruh pengusaha terdaftar dalam waktu segera.

“Dibulan ini (Juli) harus sudah selesai pendaftaran, karena itu kami sudah  menyampaikan sejak lama jadi pengusahanya terdaftar, gudangnya terdaftar dan posisi stocknya harus juga diloparkan dan update. Hal ini agar menjadi kepentingan bersama  antara pemerintah dengan para pengusaha, “kata Enggartiasto.

“Terdaftar di Kementerian Perdagangan sama saja di Satuan Tugas Pangan, Kementerian Pertanian karena akan sharing data kedepannya kami akan online,” ungkap Enggartiasto

Dalam waktu kedepan Kemendag setelah menata, akan mengambil beberapa langkah kebijakan yang pada dasarnya adalah memberikan proteksi kepada para petani agar tidak rugi dan pedagang harus mendapatkan keuntungan yang wajar.

“Ada pula istilah agar semua pendataan lengkap jangan ada “beras wisata” alias perpindahan yaitu beras yang dari Jawa Barat  akan berpindah ke Sumatera, beras yang dari Sumatera berpindahke Jawa Tengah, hal ini akan ada pemetaannya,” ujar Enggartiasto.(sar)

Komentar