Asisten Administrasi Umum Setdakab Aceh Timur, M. Amin, foto bersama dengan peserta Pelatihan Jurnalistik Lingkungan di Aula Hotel Khalifah Idi, Sabtu (14/4/2018). Foto : Humas Pemkab Aceh Timur

Acehsumatra.co.id, IDI – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Kabupaten Aceh Timur bekerjasama dengan lembaga Forum Konservasi Leuser (FKL) menggelar Pelatihan Jurnalistik Lingkungan.

Kegiatan yang digelar 14-15 April itu dipusatkan di Aula Hotel Khalifah Idi, Aceh Timur.

Bupati Aceh Timur H. Hasballah HM.Thaib melalui Asisten Administrasi Umum Setdakab Aceh Timur, M. Amin, SH, MH, dalam sambutan pembukaannya mengapresiasi kegiatan tersebut.

Menurut M. Amin melalui gerakan bersama membangun kesadaran publik maka dapat menyelamatkan lingkungan.

“Jurnalis harus menjadi ujung tombak membangun pola pikir masyarakat dan pemangku kebijakan agar lebih peka terhadap lingkungan,” kata M. Amin dalam kata sambutannya, Sabtu 14 April 2018.

Dikatakan, bahwa realita saat ini isu lingkungan belum menjadi hal yang menarik bagi media.

Isu lingkungan dianggap kalah tenar jika dibandingkan dengan isu politik, hukum dan kriminal. Hal ini seperti kerap diberitakan media cetak, online, radio maupun televisi.

“Padahal isu lingkungan juga penuh dengan kejahatan yang bahaya jika terus dibiarkan,” ungkap M. Amin.

Sementara itu, Ketua PWI Aceh Timur Musyawir mengatakan kegiatan ini diikuti oleh 30 peserta.

Pelatihan di tahun perdana ini diprioritaskan bagi para wartawan yang baru berkecimpung di dunia jurnalistik.

Kegiatan ini, lanjut Musyawir, diutamakan bagi wartawan yang sering menyajikan informasi seputar isu lingkungan dalam pemberitaannya.

“Kerjasama ini kita harap berlanjut di masa yang akan datang, sehingga para jurnalis lingkungan dapat menyerap ilmu secara berkesinambungan. Harapan saya juga agar kedepan lebih banyak teman-teman jurnalis yang bisa kita ikutkan dalam kegiatan seperti ini” demikian Musyawir.

Panitia Pelatihan Jurnalistik Lingkungan menghadirkan sejumlah pemateri seperti Kepala BKSDA Aceh Sapto Aji Prabowo, Manager FKL Rudi Putra, Senior Management Team The Forest Trust, Yulia Hardini, Redaksi Mongabay Ridzki R. Sigit, LSM HAkA Agung Dwi.

Juga hadir sebagai pemateri dua pewarta fotografi dari Banda Aceh yakni Abu Khaider dari AFP dan Irwansyah Putra dari LKBN Antara.

Laporan : Jufri Zainuddin

Komentar