Pengurus YARA bersilaturahmi bersama Kepala Hukum Komandon Daerah Militer (Kakumdam) Iskandar Muda (25/4). Dok : Ist

Aceh Sumatra (BANDA ACEH) – Pengurus Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) melakukan pertemuan dengan Kepala Hukum Komando Daerah Militer (Kakumdam) Iskandar Muda Rabu (25/4) di Makodam setempat.

Silaturahmi yang berlangsung selama dua jam itu membahas sejumlah persoalan, termasuk proses sidang di Pengadilan Negeri Sigli dengan tersangka yang mengalami gangguan jiwa.

Dalam pertemuan itu, YARA dipimpin langsung oleh ketua yakni Safaruddin SH dan turut didampingi Perwakilan YARA Banda Aceh, Perwakilan Sabang, Perwakilan Sinabang dan Perwakilan Kota Langsa. Para delegasi terlihat kompak mengenakan seragam bertuliskan ‘Investigasi’ dan diterima oleh Kakumdam IM Kolonel Chk Bhumi Ansusthavani, S.H.,M.H beserta Mayor Irhamk dan Muhammad.

Pertemuan yang berlangsung selama 2 (dua) jam, selain saling memperkenalkan diri juga membahas beberapa persoalan diantaranya menyangkut proses persidangan di Pengadilan Negeri Sigli dengan tersangka dengan kondisi gangguan jiwa atau keterbelakangan mental. Tersangka yang sedang menjalani persidangan merupakan keluarga anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Terkait permasalahan tersebut Safaruddin menjelaskan bahwa tim dari Advokat YARA dan Kumdam IM telah memberikan pendampingan hukum kepada terdakwa.

“Saat ini YARA sedang mempersiapkan pembelaan secara tertulis untuk di serahkan kepada Hakim PN Sigli pada persidangan berikutnya” kata Safar melaporkan pada Kakumdam IM.

Kakumdam juga mengharapkan kerjasama antara Kumdam IM dan YARA terkait pendampingan hukum Litigasi maupun Non Litigasi untuk keluarga TNI yang berdomisi di Aceh bisa terus terjalin sehingga hak-hak hukum para Anggota bisa didapatkan secara maksimal. (rls)

Komentar