Almira, bocah berusia 4,9 tahun warga Pasie Raja, Aceh Selatan penderita jantung bengkak saat dirawat di RSUZA Banda Aceh. Foto : Ist

Aceh Sumatra (BANDA ACEH) – Anggota DPD RI asal pemilihan Aceh, H. Sudirman atau Haji Uma turut berpatisipasi membantu Almira, bocah berusia 4,9 tahun, warga Desa Ujung Padang Asahan, Kecamatan Pasie Raja, Aceh Selatan yang mengidap penyakit pembengkakan jantung (Cardiomegaly). Uluran tangan dari dermawan sangat diharapkan oleh keluarga, mengingat untuk upaya penyembuhan penyakit itu, Almira harus diboyong ke Jakarta.

Awalnya, kata Haji Uma, dirinya mendapat informasi oleh pihak relawan Lekas yang mendampingi proses pengobatan putri dari Muhammad Thaisir ini. Haji Uma lantas mengirim staf nya di Banda Aceh untuk melakukan kroscek langsung ke rumah sakit Zainal Abidin Banda Aceh, tempat Almira saat ini dirawat.

Dari penuturan keluarga, kata Haji Uma, pihak RSUZA menyarankan kepada keluarga agar merujuk Almira ke Rumah Sakit Umum Cipto Mangunkusumo (RSUCM) di Jakarta.

“Ya, kita bantu meringankan beban keluarga utamanya dalam menyediakan tiket ke Jakarta” tutur Haji Uma kepada acehsumtra.co.id, Jumat (27/4).

Namun, setelah staf Haji Uma melakukan kroscek ke rumah sakit, beban keluarga Almira bertambah berat. Betapa tidak, untuk memboyong si buah hati ke Jakarta, Almira dikenakan biaya tambahan Rp17 juta.

“Uang itu untuk tabung oksigen yang harus dipasangkan kepada Almira sejak dari Banda Aceh. Hal ini karena kondisi Almira mengalami sesak. Biaya ini harus dibayarkan kepada pihak RSUZA, karena tidak ditanggung oleh BPJS Kesehatan” ungkap Haji Uma.

Setelah mendapat informasi lengkap dari staf, Haji Uma lantas menghubungi ayah Almira, Muhammad Thaisir. Menurut pengakuan Haji Uma, ayah Almira sempat putus asa dan pasrah atas keadaan yang dialami.

“Saya sudah pasrah dan tidak tau lagi harus berbuat apa, biar anak saya kami bawa pulang kembali ke kampung. Biar kami serahkan semua kepada Allah, mungkin ini sudah menjadi takdir kami” kata haji Uma menirukan hasil pembicaraan dengan Muhammad Thaisir.

Mendengar perkataan orang tua Almira, Haji Uma berharap agar keluarga tidak berputus asa dan menyerah karena yang terpenting adalah proses pengobatan Amira. Haji Uma kemudian berjanji untuk membantu keluarga Amira semampu dan semaksimal mungkin dari biaya pribadinya.

“Apa yang dialami keluarga Almira sungguh miris, saat sedang berusaha keras mendapat biaya perjalanan dan biaya kebutuhan hidup mendampingi anandanya di Jakarta, kembali bertambah bebannya karena harus membayar 17 juta untuk alat bantu oxygen selama diperjalanan ke Jakarta” ujar Haji Uma.

Menurut Haji Uma, selain tiket pesawat keluarga juga butuh biaya sewa rumah singgah dan biaya hidup bagi pendamping Almira selama dirawat di Jakarta nantinya.

Haji Uma mengakui, selain merasa miris atas kondisi yang ditemui, dirinya juga merasa jengkel dengan kondisi layanan kesehatan yang belum sepenuhnya berpihak kepada masyarakat dari golongan kurang mampu dan miskin.

Padahal, ketus Tengku Haji, layanan kesehatan adalah hak asasi dan hak dasar sebagai warga yang harus dipenuhi negara.

Keluarga menerima uluran tangan dari para dermawan nntuk membiayai kebutuhan yang dibebankan kepada keluarga Almira. Jika anda ingin membantu dapat menghubungi Muhammad Thaisir di nomor handphone : 085276438877 (Muhammad Thaisir) atau dapat mengirimkan donasi melalui Bank BRI nomor rekening 399001018982535.

Komentar