Aceh Sumatra (KUALA SIMPANG) – Ketua Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA), Safaruddin, melantik Samsul Bahri sebagai Kepala Perwakilan YARA Aceh Tamiang, Selasa (8/5), di Hotel Mirielisa, Kuala Simpang.

Prosesi pelantikan tersebut juga hadiri oleh Pengurus YARA dari Aceh, seperti ketua PPID, Muhammad. Zubir, Indra Kusmera, Kepala Perwakilan Aceh Timur, Muzakir, Kordinator Paralegal dan beberapa pengurus lain.

Dalam Release Pers yang di kirim ke Realutas, Safaruddin menyebutkan pengangkatan Samsul sebagai kepala Perwakilan YARA Aceh Tamiang, tujuannya untuk mempermudah pengaduan, terhadap permasalahan hukum yang di hadapi oleh masyarakat. Karena YARA menyediakan bantuan dan konsultasi hukum gratis bagi masyarakat yang ekonomi lemah.

“Selama ini kami banyak menerima pengaduan seputar masalah hukum dari Aceh Tamiang, sehubungan Yara menyediakan layanan bantuan hukum gratis bagi masyarakat miskin, kadang ada masyarakat yang datang ke Banda Aceh, dan itu tentu akan memberatka juga bagi mereka, dari itu, untuk mempermudah akses bantuan hukum tersebut untuk masyarakat Aceh Tamiang, maka kami angkat saudara Samsul menjadi kepala perwakilan YARA di kabapaten setempat,” kata Safaruddin.

Menurut Safar, Samsul adalah aktivis pejuang referendum sebelum MoU Helsinki, dan saat ini menjadi pengurus Partai Nasional Aceh (PNA). Partai diketuai oleh Irwandi Yusuf, saat ini menjabat Gubernur Aceh.

Safaruddin juga menyebutkan bahwa dalam pelantikan itu, Samsul juga menyampaikan tekatnya, siap melayani keluhan masyarakat. Apalagi membantu sesama sudah menjadi bagian dari jiwanya sejak lama.

“Saya siap menjalankan amanah ini, membantu orang yang sedang kesusahan, dan itu sudah menjadi bagian dari jiwa saya, dengan di percayakan saya sebagai Kepala Perwakilan YARA Aceh Tamiang, Insyaallah saya siap melayani masyarakat di Aceh Tamiang” tegas safar, meniru ucapan Samsul.

“Dengan adanya perwakilan YARA di Aceh Tamiang, kami harap masyarakat dapat terbantu terutama dalam permasalahan bantuan hukum” Tutup Safar.

Komentar