Paslon Cabup Aceh Selatan nomor urut 2 (H. Azwir - Tgk Amran) menggelar konpers di rumoh perjuangan Azam, Kp. Hulu, Tapaktuan, Rabu sore (27/6). Dok : AS

ACEH SUMATRA, Tapaktuan – Pasangan calon (Paslon) bupati dan wakil bupati Aceh Selatan nomor urut 2, H. Azwir  – Tgk Amran mengklaim kemenangan pada Pilkada serentak, 27 Juni 2018. Klaim kemenangan oleh pasangan beridiom Azam ini disebut berdasarkan hitungan cepat tim pemenangannya.

Pernyataan ini disampaikan langsung oleh paslon cabup nomor urut 2 pada sesi konperensi pers di Rumoh Perjuangan Azam, di kawasan Kp. Hulu, Tapaktuan, Rabu sore (27/6).

Konpers dipimpin cabup H. Azwir beserta wakil Tgk Amran dan ketua tim pemenangan Tgk Abrar Muda serta tim pemenangan.

Azwir menyebut jumlah hitungan manual pihaknya berdasarkan data saksi-saksi TPS di seluruh Aceh Selatan menempatkan pihaknya berada di posisi teratas atau unggul dari 6 pasangan calon lainnya.

“Hingga sore, hasil hitung cepat, kita masih teratas. Untuk itu, terus kawal perolehan suara” tutur H. Azwir.

Ia meminta tim pendukung tetap bersabar sebelum hasil resmi disampaikan penyelenggara. “Tetap tenang, kawal suara hingga keputusan resmi” kata Azwir.

Sementara itu ketua Tim Pemenangan Azam Tgk Abrar Muda diwawancara terpisah, tidak bersedia menyebut presentase perolehan suara. Ia enggan membeberkan angka-angka atau jumlah perolehan suara yang diperoleh pihaknya. Namun ia tidak membantah perkiraan jumlah perolehan suara sebagaimana yang beredar di media sosial.

“Kami belum bisa membeberkan berapa jumlah suara. Yang pasti kita masih di atas” ujar mantan kombatan ini.

Dikonfirmasi lebih jauh, iya menyebut jumlah itu tidak seluruhnya berasal dari form C1, namun berdasarkan catatan para saksi di TPS. “Sebagian dari form C1, tapi tidak semua. Karena kita ambil data dari saksi kita di lapangan. Namun yang pasti kita unggul dari 391 TPS di seluruh Aceh Selatan dan data yang masuk ke kita sudah 60 persen lebih” ujarnya.

Sementara itu, Desk Pilkada Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan yang juga melakukan hitung cepat, tidak bisa diakses. Awak media dilarang masuk oleh petugas Satpol PP yang berjaga di pintu masuk.

“Tidak boleh masuk bang, tim sedang bekerja. Konfirmasi ke bagian pemerintahan” ujar seorang anggota Satpol PP ketika awak media mencoba memperoleh data sementara.

Seorang staf bagian pemerintahan mengatakan kepala bagian H. Zulkarnaini Msi  tidak berada ditempat. “Sudah pulang” kata seorang staf. Pihaknya juga tidak bersedia memberi data seperti yang diharapkan wartawan.

Dari data yang diperoleh dari relawan RAPI menunjukan pasangan AZAM memperoleh suara terbanyak. Dari data yang masuk ke desk RAPI Aceh Selatan hingga pukul 18:04 WIB, pasangan Azam memperoleh suara 25.002. Di posisi kedua ditempati oleh pasangan urut 5 (HT Sama Indra – H. Harmaini) dengan perolehan 20.570 suara. Sementara posisi ketiga ditempati oleh Pasangan Mirah atau urut 6 (H. Mirwan – Zirhan) 17.528 suara. Total suara sah yang sudah masuk sebanyak 44,86 %.

Berikut dua data pembanding, perolehan sementara Pilkada Aceh Selatan 2018 versi relawan RAPI ;

Sumber : RAPI Aceh Selatan
Sumber : RAPI Aceh Selatan

 

Komentar