Cabup Aceh Selatan nomor urut 2, H Azwir (kiri) didampingi penanggung jawab tim pemenangan Tgk Abrar Muda saat konferensi pers di posko tim sukses, Kp. Hilir, Tapaktuan, Kamis (28/6). Dok : AS

ACEH SUMATRA, Tapaktuan – Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Aceh Selatan, H. Azwir S.Sos – Tgk Amran unggul di 13 kecamatan pada Pilkada serentak 2018. Sementara di 5 kecamatan lainnya, pasangan nomor urut 2 ini kalah tipis atau tetap meraup suara maksimal.

Hal ini seperti diutarakan Pasangan Azam di posko pemenangan di kawasan Kp. Hilir, Kecamatan Tapaktuan, Kamis (28/6) pada konferensi pers bersama awak media. Hadir Cabup H. Azwir didampingi penanggung jawab tim pemenangan, Tgk Abrar Muda, tim advokasi hukum, Imran (Boim) dan sejumlah tim sukses.

Disebutkan, dari rekapitulasi penghitungan manual pihaknya berdasarkan form saksi C1, Pasangan Azam meraup suara terbanyak, yakni 46.662 suara atau 35,7 persen. Di posisi kedua ditempati Pasangan Putih nomor urut 5 (HT Sama Indra – H. Harmaini) dengan perolehan 37.462 suara atau 28,7 persen.

Masih berdasarkan versi tim pemenangan Azam, di posisi ketiga suara terbanyak ditempati pasangan nomor urut 6 (H. Mirwan – Zirhan) dengan raupan 33.681 suara atau setara 25,8 persen.

Berurutan selanjutnya posisi keempat ditempati pasangan nomor urut 1 dengan perolehan 6.074 suara atau 4,7 persen. Selanjutnya pasangan nomor urut 7 menempati posisi kelima dengan perolehan 3.402 suara dan posisi keenam ditempati paslon nomor urut 4 dengan raupan 1.880 suara atau 1,4 persen. Di posisi paling buncit ditempati paslon nomor urut 3 dengan raupan 1.389 suara atau 1,1 persen.

Sumber : Tim pemenangan Pasangan Azam (H. Azwir – Amran)

“Data ini sudah masuk 100 persen atau hasil form C1 dari 391 TPS” ujar Tgk Abrar Muda. Namun, ia memastikan data ini akan terkoreksi sejalan dengan penghitungan manual yang sedang dilakukan oleh KIP Aceh Selatan. “Data ini nanti akan terkoreksi sedikit saja, karena faktor kesalahan input” ujarnya.

Berdasarkan data yang dibagikan kepada wartawan, Pasangan Azam tercatat unggul di 13 kecamatan. Azam unggul di Bakongan Raya (Bakongan, Bakongan Timur dan Kota Bahagia) dan Trumon Raya (Trumon, Trumon Tengah, Trumon Timur).

Azam juga mendominasi di Kluet Raya, seperti unggul di Kluet Selatan, Kluet Timur, Kluet Utara dan Pasie Raja. Hanya Kecamatan Kluet Tengah pasangan Azam dikalahkan oleh Pasangan Mirah, nomor urut 6.

Masih berdasarkan data tersebut, Azam menang telak di Kecamatan Tapaktuan dengan perolehan 6.409 suara. Demikian juga di Kecamatan Samadua yang berhasil meraup 4.026 suara. Terakhir, Azam unggul di Kecamatan Labuhan Haji Barat.

Sumber : Tim pemenangan Pasangan Azam (H. Azwir – Amran)

Pasangan Azam kalah di Kecamatan Meukek oleh pasangan putih yang meraup 5.961 suara sementara Azam meraup 5.209 suara.

Pasangan Azam juga kalah di Kecamatan Labuhan Haji Timur, Labuhan Haji dan Sawang. Ketiga kecamatan yang disebutkan terakhir, pasangan Azam dikalahkan oleh Pasangan Mirah nomor urut 6.

Tgk Abrar Muda menyebut data ini hanya sebagai pembanding, namun demikian ia meyakini perolehan suara yang saat ini sedang di pleno di tingkat kecamatan oleh penyelenggara Pilkada, tidak bergeser jauh.

“Kami tidak ingin mendahului KIP. Data ini kami berikan, karena pada saat konferensi pers kemarin (Rabu-red), kawan-kawan wartawan mempertanyakan jumlah suara atau persentase yang kami peroleh, karena dalam konferensi pers kemarin kami sudah nyatakan menang” terang mantan panglima GAM wilayah Lhok Tapaktuan ini.

Sementara Ketua KIP Aceh Selatan Khairunis Absyir yang dihubungi terpisah menyatakan pihaknya sedang melakukan rekapitulasi di tingkat kecamatan.

“Saat ini beberapa PPK sedang melakukan pleno di tingkat kecamatan. Tanggal 4-6 Juli baru kita pleno di tingkat kabupaten” ujar Khairunis Absyir.(Dyt)

Komentar