Pj Bupati Aceh Selatan Dedi Yuswadi didampingi pimpinan Forkopimda membakar surat suara rusak di halaman sekretariat KIP, Lhok Keutapang, Kec. Tapaktuan, Jumat (29/6). Dok : AS

ACEH SUMATRA, Tapaktuan – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Selatan memusnahkan kertas surat suara rusak dan lebih dari jumlah kebutuhan di halaman sekretariat KIP Aceh Selatan, Jl. T. Ben Mahmud Lhok Keutapang, Kec. Tapaktuan, Jumat sore (29/6).

Kertas surat suara rusak dan lebih sebanyak 255 lembar dimusnahkan dengan cara dibakar.

Pj Bupati Aceh Selatan Dedi Yuswadi memimpin prosesi pemusnahan surat suara tersebut. Hadir dalam prosesi pemusnahan unsur Muspida seperti Kapolres Aceh Selatan AKBP Dedi Sadsono, Dandim 0107/Asel Letkol Kav Hary Mulyanto, Kajari Asel Munif, Ketua KIP Aceh Selatan Khairunis Absyir dan Ketua Panwaslih Hendra Saputra.

Komisioner Divisi Logistik KIP Aceh Selatan, Saiful mengatakan pihaknya mendapati surat suara yang rusak sebanyak 37 lembar.

“Surat suara yang rusak itu seperti robek, kusut dan tak ada tanda gambar pasangan calon sama sekali” tutur Saiful.

Selain itu, pihaknya juga menerima kelebihan kertas surat suara sebanyak 218 lembar dari kebutuhan. Seperti aturan, penyelenggara menyalurkan kertas surat suara sesuai Daftar Pemilih Tetap dan ditambah 2,5 persen cadangan.

“Ada 218 surat suara yang lebih. Jadi sekalian kita musnahkan” sebutnya.

Ketika dikonfirmasi kenapa surat suara baru dimusnahkan hari ini, Saiful mengaku beberapa waktu lalu pihaknya fokus pada pendistribusian logistik.

“Kemarin-kemarin, kita fokus mendistribusikan logistik, sehingga baru dapat dilaksanakan pemusnahan hari ini” kata Saiful.

Seusai melakukan pemusnahan surat suara, rombongan Muspida Aceh Selatan juga melakukan pengecekan gudang tempat penyimpanan logistik Pilkada yang saat ini sedang dilakukan rekapitulasi di tingkat kecamatan.

“Sejauh ini, sudah 60 persen dari 18 kecamatan di Aceh Selatan yang telah selesai melakukan pleno. Mulai hari ini logistik tersebut sudah mulai kita jemput untuk disimpan di gudang” demikian Saiful Bismi. (Dyt)

Komentar