Ketua DPC Partai Demokrat Aceh Utara, H. Tantawi menerima bukti pendaftaran bacaleg oleh Komisioner KIP Aceh Utara, M. Sayuni, M.Kes di Lhokseumawe, Senin (16/7) Dok : As

ACEHSUMATRA.CO.ID, Lhokseumawe — Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Aceh Utara mendaftarkan bakal calon anggota legislatif (bacaleg) untuk Pemilu 2019. Partai Demokrat tercatat sebagai parpol pertama yang mendaftarkan diri ke penyelenggara Pemilu di Aceh Utara.

Seusai mendaftar, pengurus partai asuhan Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY menyebut memasang target tinggi atau mampu meraih satu fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Utara.

Pengurus partai berlambang bintang mersi ini mendaftar ke Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Utara di Jalan Nyak Adam Kamil, Kota Lhokseumawe, Senin (16/7) sekitar pukul 12:00 WIB.

Rombongan terlihat dipimpin langsung oleh Ketua DPC, H. Tantawi didampingi Sekretaris Ibnu Syareh, Ketua BPOKK Irwansyah serta diterima oleh Komisiner KIP Aceh Utara, M. Sayuni, M.Kes.

H. Tantawi mengatakan, pihaknya mendaftarkan 45 orang bacaleg yang terdiri dari 6 daerah pemilihan di Aceh Utara. Jumlah ini sudah 100 persen atau sesuai jumlah kursi DPRK Aceh Utara yakni 45 orang.

“Dari 45 orang bacaleg yang kita daftarkan, 35 persen diantaranya adalah perempuan” ujarnya.

Bacaleg yang didaftarkan, menurut H. Tantawi, merupakan kader-kader potensial partai serta memiliki integritas. Sekitar 50 persen diantaranya, merupakan kader muda potensial berumur di bawah 40 tahun.

Selain itu, komposisi bacaleg yang akan bertarung pada setiap dapil, kata dia, sudah mewakili dari berbgai unsur, seperti tokoh agama atau ulama, tokoh pemuda dan mahasiswa serta aktivis perempuan.

Dengan komposisi ini, dia yakin pihaknya dapat meraih suara maksimal pada pesta demokrasi 17 April tahun depan.

“Kami menargetkan meraih 8 kursi atau 1 fraksi di DPRK Aceh Utara. Untuk itu kami mengharapkan kerja keras seluruh elemen partai untuk bekerja maksimal agar partai Demokrat kembali menjadi pemenang Pemilu secara nasional” harap H. Tantawi, yang juga terdaftar sebagai bacaleg DPR Aceh dapil 5 (Aceh Utara-Lhokseumawe).

Sekedar mengingatkan, Partai Demokrat hanya meraih 1 kursi di parlemen Aceh Utara pada Pileg tahun 2014. Partai Aceh (PA), kala itu, masih mendominasi perolehan suara di daerah ini.

Untuk tahun ini, Partai Demokrat yakin meraup suara maksimal. “Melihat hasil Pilgub tahun lalu yang mana Paslon Cawagub yang kita usung yang juga ketua DPD Demokrat Aceh pak Nova (Iriansyah) terpilih, kita yakin Pileg tahun depan kita maksimal” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua KIP Aceh Utara, Zulfikar, SH mengatakan, partai Demokrat tercatat sebagai partai pertama yang mendaftar ke penyenggara Pemilu. Dalam waktu masa pendaftaran yang berakhir besok (17/7), ia berharap partai politik segera merampungkan persyaratan untuk pendaftaran.

Tahapan berikutnya, kata Zulfikar, berkas bacaleg dari partai politik yang telah terekam di Silon (Sistem Inforasi Pencalonan) akan diverifikasi secara administrasi. Selanjutnya, bacaleg akan dites kemampuan mengaji sebelum ditetapkan sebagai Calon Legislatif (caleg).

“Nanti kita akan hubungi LO (penghubung-red) seluruh partai untuk kita buat technical meeting penetapan jadwal baca Al Qur’an. Setelah itu baru kita tetapkan Daftar Calon Sementara (DCS), uji publik dan penetapan menjadi Caleg” tutur Zulfikar. Dyt

Komentar