ACEHSUMATRA.CO.ID, BIREUN – BUPATI BIREUEN, H SAIFANUR S.Sos, MENGHADIRI PERTEMUAN ACARA JADWAL PENETAPAN TURUN KE SAWAH MUSIM TANAM RENDENGAN PROGRAM PENINGKATAN KESEHATAN PETANI TAHUN 2019.

Kegiatan yang dirangkai dengan penyerahan secara simbolis Alsintan berupa, Hand Traktor Rotary untuk GAPOKTAN Tgk. DiJeumpa, Desa Blang Dalam Kecamatan Jeumpa dan pompa air 4 inci untuk kelompok Tani Sepakat, Desa Lampoh Rayeuk Kecamatan Jangka.

Acara tersebut berlangsung di halaman Meunasah Gampong Blang Dalam Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Bireuen, Kamis (17/10/2019).

Bupati Saifannur, dalam sambutannya mengatakan kegiatan musyawarah ini sangat besar manfaatnya, khususnya pada masyarakat petani, dimana para petani sangat membutuhkan arahan dan bimbingan dalam menjalankan usaha taninya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Dengan adanya pertemuan ini, kita dapat memantapkan langkah-langkah dan jadwal musyawarah turun kesawah.Turun sawah sacara serentak di kabupaten Bireuen,”ajaknya.

Tahun 2019 nanti, dengan adanya MusyawarahTanam Serentak akan meningkatkan efisiensi penggunaan air dan memutus siklus hama dan penyakit yang menyerang tanaman padi.Sehingga pada akhirnya akan berpengaruh terhadap peningkatan produksi gabah.

Meningkatnya produksi pertanian khususnya tanaman padi merupakan suatu kebanggaan semua, yang luar biasa bagi kita masyarakat Kabupaten Bireuen dalam upaya mendukung program nasional yaitu swasembada pangan.

“Ingatkan Kepada  camat agar dapat mengaktifkan kegiatan gotong royong supaya saluran-saluran air dapat difungsikan sebagaimana mestinya,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Bireuen, M.Nasir, SP, MSM, memyebutkan, pertemuan penetapan jadwal turun ke sawah merupakan kegiatan rutipn setiap tahun yang dilaksanakan dua kali pertahun.

“Maksud dan tujuannya untuk menyamakan persepsi mulai jadwal pembukaan pintu air sampai perhitungan waktu panen tentunya,” ujarnya(wardi)

Komentar