ACEH SUMATRA.CO.ID, Takengon –  Bur (Gunung-red) Birah Panyang yang selama ini menjadi ikon wisata Kabupaten Aceh Tengah, musnah dilahap sijago, Rabu, (23/10/19).

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala BPBD Aceh Tengah, Thamrin, melalui Kabid Darurat dan Logistik BPBD, Muhammad yang ditemui dilokasi kejadian.

Kepada Acehsumatra.co.id, Muhammad mengatakan, informasi kebakaran ini diterima pihaknya melalui laporan salah seorang masyarakat melalui telpone seluler sekitar pukul 12.30 wib. Mendapat informasi dari tersebut, pihaknya segera mengerahkan satu unit mobil damkar untuk meredam amukan sijago merah yang sedang membara meluluhlantakkan segenap tumbuhan yang ada dilereng Bur Birah Panyang yang merupakan sañah satu tempat wisata terfavorit bagi para pecinta alam.

Namun dikarenakan posisi lereng yang terjal dan sudut kemiringan lereng yang nyaris mencapai 85 derjat, menghamabat para petugas damkar untuk melakukan penyemproran air, guna memadamkan kobaran api. Selain itu, struktur bebatuan yang tidak mengikat satu sama lain, juga menjadi sumber kekhawatiran petugas damkar untuk memanjat lereng gunung lebih tinggi, karena dikhawatirkan bebatuan akan jatuh menimpa petugas.

“Tadi sekitar pukul 12.30 wib, kita dapat info adanya kebakaran diaerah kebakaran di Bur Birah Panyang Kampung Toeren Uken Kecamatan Bintang, kita segera mengerahkan satu unit mobil pemadam untuk memadamkan api, namun karena lokasi yang sudut kemiringannya tinggi serta terjal dan berbatu, upaya pemadaman api terhambat,” ujar Muhammad.

Sejauh ini, kata Muhammad lagi, pihaknya hanya bisa standbay disekirar lereng gunung yang terbakar guna mengamati arah perkembangan jalur api, yang dikhawatirkan sewaktu-waktu bisa saja merambah ke perkebunan warga yang berada disekitar lereng gunung.

“Sejauh ini, langkah yang kita ambil adalah standbay disini, sambil mengamati arah perkembangan kobaran api dan guna antisipasi apabila kobaran api mermabah perkebunan warga,” pungkas Muhammad.

Hingga saat ini pihak berwajib masih melakukan penyelidikan terhadap sebab dari kebakaran tersebut, namun dugaan sementara adalah adanya aktivitas masyarakat yang melakukan pembersihan lahan guna untuk melakukan penanaman palawija mereka, namun hingga berita ini diturunkan, masyarakat yang memiliki lahan didaerah tersebut belum diketahui.

Bur Birah Panyang adalah salah satu panorama alam terindah yang terdapat diseputaran Danau Laut Tawar Takengon Aceh Tengah, memiliki ketinggian sekitar 1500 Mdpl, membuat para pecinta alam merasa terpacu adrenaline mereka untuk menaklukan gunung tersebut.

ROBBY

Komentar